SLIDE

10/recent/ticker-posts

Apa Itu Rendang? Tahukah kamu apa yang menarik dari Rendang?


    Masakan tradisional Minangkabau adalah masakan yang berkembang di provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya. Masakan Minangkabau adalah masakan yang dikenal  di seluruh Indonesia bahkan Internasional. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan masakan Padang. Di daerah Minangkabau, terdapat banyak sekali resep dan variasi masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya, antara lain: Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Batusangkar, Agam, Dharmasraya dan sebagainya. Masakan Minangkabau dikenal denga masakan bersantan dan memiliki rasa pedas dari penggunaaan berbagai bumbu dan rempah - rempah.

    Rendang adalah masakan tradisional Indonesia yang berasal dari etnis Minangkabau, Sumatra Barat. Rendang sendiri terdiri dari olahan daging sapi dengan campuran berbagai macam rempah dan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar empat jam hingga menjadi benar – benar kering dan menghitam. Rendang dapat dijumpai di seluruh rumah makan Padang yang ada di luar Minangkabau bahkan yang ada di seluruh dunia sekalipun, tentu saja yang menarik dari rendang adalah rasa pedasnya khas bumbu rendang orang minangkabau, selain itu rendang juga diminati oleh lidah orang luar Indonesia. Pada saat ini rendang sudah bisa dijumpai dimana-mana bahkan sampai ke mancanegara, karena rasanya yang enak sehingga rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN Internasional, pada tahun 2011.

Jenis–Jenis Rendang

Namun secara umum dikalangan masyarakat terdapat 2 jenis rendang, yaitu:

  • Rendang Kering

     Bagi masyarakat Minangkabau, masakan yang bisa disebut rendang adalah jenis rendang yang benar – benar kering. Rendang jenis ini dimasak dalam waktu berjam – jam lamanya hingga santan mengering dan bumbu terserap sempurna. Rendang kering biasanya berwarna lebih gelap coklat kehitaman. Jika dimasak dengan tepat, rendang kering dapat awet bertahan selama tiga sampai empat minggu dalam suhu ruangan, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan jika disimpan di kulkas, dan enam bulan jika dibekukan.
  • Rendang Basah atau Kalio

   Rendang basah atau biasanya masyarakat Minangkabau menyebut kalio adalah jenis rendang yang dimasak dalam waktu singkat. Santan pada rendang ini belum terlalu mengering sempurna dan menghitam. Rendang basah ini bewarna coklat terang keemasan dan lebih pucat. Dalam suhu ruangan rendang ini hanya dapat bertahan dalam waktu kurang dari satu minggu.