SLIDE

10/recent/ticker-posts

Pisonia, Pohon Pembawa Kematian bagi Ribuan Burung

 


.Pohon bernama. lengkap Pisonia brunoniana ini terkenal memiliki reputasi mengerikan..Nama indahnya itu malah justru membawa.kematian untuk burung-burung yang hinggap di tubuhnya. Pohon berbunga dominan kecil ini asli dari kawasan tropis, seperti Hawaii, Selandia Baru, hingga India.

.Pohon ini terlihat tidak memiliki wujud ‘mengancam’, tanpa duri dan tanpa buah beracun, serta tidak pula bagiannya yang berfungsi.menjebak hewan. Namun, jika diamati dari akar hingga.rantingnya, akan kita temukan ratusan bahkan ribuan.tulang dan.tubuh-tubuh kecil yang kaku dan mengering.

Belum ditemukan alasan yang jelas mengapa pohon ini begitu ‘suka’ membantai burung. Ahli ekologi menyatakan bahwa bisa jadi ini hanya.salah satu kebiasaan mengerikan evolusi.

 


Alan Burger dari University of Victoria di Kanada yang telah.mendengar reputasi mengerikan Pisonia sejak.1990-an, pergi ke Pulau Cousin.di Seychelles. Tujuannya, untuk melihat lebih dekat tentang populasi pohon tersebut dan koloni-koloninya,.sebagaimana dilansir dari Science Alert.

Pisonia menghasilkan kacang berukuran yang panjang di mana.polongnya berlapis getah tipis yang lengket. Getah.inilah yang menjebak serangga dan.burung-burung saat mereka tergoda untuk memakan kacang di dalamnya.

 

Serangga yang terjerat, terlihat mudah dipatuk.burungpun.tidak menaruh curiga. Burung yang tidak hati-hati dapat dengan.mudah.terjerat pada polong kacang yang lengket itu.

Banyak sekali bangkai burung-burung yang terlihat.terurai dengan tanah di kaki pohon. Beberapa burung malang, bahkan mereka banyak yang terjebak tinggi di.cabang-cabang pohon itu. Washington Post menulis, burung-burung yang terjebak.di cabang-cabang pohon tersebut bagaikan. “hiasan pohon natal yang mengerikan.”

 

Referensi.

Mongabay.

 

Posting Komentar

0 Komentar