SLIDE

10/recent/ticker-posts

Sosok Legenda Superstar Indonesia Dorce Gamalama

 

mrizkiwj

Kisah “Dorce Gamalama” kala berusia 25 tahun di tahun 1989, adalah awal kariernya di layar kaca TVRI Jakarta. Sebelumnya Dorce yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya karena sering tampil di TVRI Surabaya.

Penampilan Dorce di layar kaca benar-benar mengagumkan. Penampilannya sudah sering seperti “Super Star”, ia mampu menyanyi berbagai jenis lagu dan menirukan (impersonate) berbagai penyanyi kenamaan. Belum lagi kepiawaiannya dalam mengocok perut para penonton. Para penyelenggara showbiz, khususnya para produser film untuk mengontraknya.

Dorce, nama lahirnya Deddy Ashadi. Ketika dibangku SD sifat perempuannya lebih menonjol. Ketika dewasa tumbulah ia sebagai waria dengan menggunakan nama Dorce. Ketika kariernya mulai berkembang, ia ke Jakarta dan bergabung dengan grup Dolls, dibawah pimpinan Myrna. Selama tujuh tahun Dorce ditempa hingga menjadi artis yang handal. Setelah itu baru ia kembali ke kampung halamannya di Surabaya.

Di sekitar tahun 1988, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Ia menganggap sempurnalah dirinya sebagai wanita. Apalagi setelah adanya keputusan dari Pengadilan Negeri Surabaya di akhir tahun 1988 yang mengakui secara sah sebagai wanita. Baru kemudian secara resmi ia menikah di hadapan penghulu dengan Syamsudin Ali, yang dikenal sebagai pengusaha kaya dari Ternate. Ketika masih berstatus menikah, ia lebih senang dipanggil Ny Syamsuddin Ali. Dulu alamat rumahnya di Surabaya di Jl Tenggilis Utara V/28, selain rumah peristirahatan lainnya di Jakarta.

Demikian sekelumit kisah Dorce dari ia mulai merintis karier hingga tahun 1989 sebelum benar-benar hijrah ke Jakarta.

Sumber: Garuda, Minggu ke-2 September 1989. Koleksi Surat Kabar Langka Salemba, Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team)

 

Posting Komentar

0 Komentar