GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
1.
PrProfil Perusahaan
Nama Perusahaan |
: |
PT Astra Honda Motor |
Status Perusahaan |
: |
Perseroan Terbatas |
Status Investasi |
: |
PMA (Penanaman Modal Asing) |
Tanggal Pendirian |
: |
11 Juni 1971 (d/h Federal Motor) |
Aktivitas |
: |
Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), Manufaktur, Perakitan dan
Distributor Sepeda Motor HONDA |
Kapasitas Produksi |
|
5.800.000 unit/tahun |
Status Kepemilikan |
: |
50% PT. Astra International Tbk 50% Honda Motor Co., Ltd |
|
|
|
Website |
: |
Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di
tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang
baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala
keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan
angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut,
organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia
terus memperkuat diri.
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi
dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara
Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia.
Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan
dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda
pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin
"bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor
kendaraan roda dua yang ekonomis.
Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 4 fasilitas pabrik
perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi
sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
Pabrik ke 3 berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 4
berlokasi di Karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan
terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2014.
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini
memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk
permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu
puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian
produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama
yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk
tingkat ASEAN.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor
Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600
layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station),
serta 7.550 gerai suku cadang, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda
motor Honda di seluruh Indonesia. Industri sepeda motor saat ini merupakan
suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat
ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta
ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai
yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat
memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta orang. PT Astra Honda
Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda dua yang
menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat
Indonesia.
2. Vi Visi , Misi dan tujuan
- V
Menjadi pemimpin pasar
sepeda motor di Indonesia dengan cara merealisasikan mimpi dan menciptakan
kegembiraan para pelanggan serta berkontribusi bagi masyarakat Indonesia
- m Misi
Menciptakan solusi
mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik
- Tujuan
Tujuan perusahan adalah pernyataan kualitatif
mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.PT Astra
Honda Motor, merupakan perusahaan yang menjalankan fungsi produksi, penjualan
dan pelayanan purna jual yang lengkap yang bertujuan untuk menciptakan kepuasan
pelanggan.
3. Komparasi Profil Kompetitif
Berikut hasil
perbandingan profil kompetitif honda dengan kompetitor
Faktor penting
keberhasilan |
Bobot |
Honda |
Yamaha |
Suzuki |
|||
Rating |
Skor |
Rating |
Skor |
Rating |
skor |
||
Iklan |
0,20 |
3 |
0,60 |
4 |
0,80 |
3 |
0,60 |
Kualitas produk |
0,10 |
4 |
0,40 |
3 |
0,30 |
3 |
0,30 |
Daya saing harga |
0,10 |
3 |
0,30 |
2 |
0,20 |
2 |
0,20 |
Manajemen |
0,10 |
3 |
0,30 |
4 |
0,40 |
3 |
0,30 |
Posisi keuangan |
0,15 |
4 |
0,60 |
3 |
0,45 |
2 |
0,20 |
Loyalitas konsumen |
0,10 |
3 |
0,30 |
3 |
0,30 |
2 |
0,20 |
Ekspansi global |
0,15 |
4 |
0,60 |
3 |
0,45 |
2 |
0,20 |
Pangsa pasar |
0,10 |
4 |
0,40 |
3 |
0,30 |
2 |
0,20 |
Total |
1,00 |
3,50 |
3,20 |
2,20 |
PRODUK
Honda.BeAT
Honda BeAT ini merupakan skuter matik yang
dikembangkan dengan konsep yang serba pas dan sesuai. Di mana Honda BeAT ini
memiliki ukuran desain yang lebih slim dan kompak, dengan bentuk wedge shape
yang tampak lebih runcing sehingga memberikan kesan stylish.
Spesifikasi Honda BeAT
a. Mengusung Desain Sporty dan Stylish
Mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan
memulainya dengan membahas pada bagian terluar dari spesifikasi Honda BeAT.
Pada sektor eksterior atau tampilan luar dari Honda BeAT ini, tampaknya memang
memberikan tampilan yang lebih sporty. Honda BeAT di bentuk dengan model
V-shape pada sisi bagian depan, dimana untuk susunannya, bagian bawah sudah
terpasang lampu utama dan lampu sein terpasang dengan presisi di bagian
atasnya. Berlanjut ke bagian stang di mana pada bagian ini, Honda BeAT hampir
memiliki kemiripan dengan pendahulunya. Hanya saja, Honda memoles bukan dengan
garis tegas melainkan dengan lekukan. Pada sektor ini tidak hanya di buat
kosong tetapi juga telah dibenamkan speedometer yang terbilang user friendly,
dengan model analog pada penunjuk kecepatan. Kemudian, lanjut ke bagian
belakang, Honda BeAT memiliki jok yang begitu nyaman untuk ditunggangi, yang di
desain lebih tinggi di bagian belakang, lengkap beserta behel yang dibuat
material kuat. Lalu pada bagian buritan, dibuat mengikuti alur body, yang
membuatnya terlihat lebih kompak dan sporty, apalagi dengan adanya bagian lampu
belakang yang terbagi atas tiga bagian, yakni Lampu rem, dan dua lampu sein di
sisi bagian samping. Dengan melihat secara keseluruhan pada sektor eksterior
tersebut, tampaknya memang spesifikasi Honda BeAT ini memiliki tampilan yang
bergaya sporty dan modern.
b. Panel Indikator Tampil Lebih User Friendly
Lanjut pada pembahasan selanjutnya, kita akan
mengulas pada panel indikator dari spesifikasi Honda BeAT. Langsung saja, untuk
panel indikator dari skuter matik besutan Honda ini mengusung speedometer yang
didesain sangat bersahabat dengan mengandalkan gaya desain analog pada penunjuk
kecepatannya. Selain itu, Honda BeAT ini memiliki panel indikator Mesin,
indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama, yang mudah
dipahami meskipun oleh pengguna awam. Selain itu, pada sektor ini juga terdapat
fitur ECO Indikator yang akan membantu pengemudinya berkendara lebih irit.
Ketika, Honda BeAT ini dikendarai maka ECO indikator ini akan menyala dengan
lampu berwarna hijau di panel meternya dengan 3 pola untuk memberikan sinyal
berkendara yang irit. Hal tersebut juga berlaku ketika lampu Honda BeAT ini
dalam keadaan dimatikan. Dengan disematkannya beberapa fitur-fitur yang
ditampilkan pada panel indikator tersebut, tentunya pengendara akan lebih mudah
dalam mendapatkan informasi atau data dari spesifikasi Honda BeAT saat
digunakan.
c. Dimensi Lebih Mungil Namun Tetap Stylish
Seperti yang sudah Mas Sena singgung di atas
bahwa spesifikasi Honda BeAT ini akan hadir dengan mengusung desain yang lebih
slim dan mungil dengan mengusung tipe rangka tulang punggung. Sehingga, bisa
dipastikan bahwa dimensinya pun juga akan memiliki ukuran yang tak terlalu
bongsor. Untuk ukuran dimensinya, Honda BeAT ini memiliki panjang 1.856 mm,
lebar 666 mm, tinggi 1.068 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.256 mm dan
bobot yang mencapai 92 kg. Dengan mengetahui dimensi tersebut, tentunya bentuk
dari skuter matik besutan Honda ini tampak lebih ramping. Apalagi, dengan
ukuran jarak sumbu rodanya tersebut, tampaknya motor matik ini akan semakin
mudah dikemudikan, terutama ketika bermanuver di jalanan. Selain itu, Honda
BeAT ini juga memiliki ketinggian jok setinggi 740 mm yang cocok dan sesuai dengan
postur orang Indonesia sehingga motor matik besutan Honda ini akan sesuai
dengan postur tinggi orang Indonesia. Selain itu, Honda BeAT juga memiliki
ukuran ground clearance 146 mm yang sesuai dengan jalan di perkotaan. Namun,
skuter matik ini kurang cocok jika dikendarai di jalanan yang bergeronjal.
Namun, meskipun demikian, spesifikasi Honda BeAT tersebut tetap memberikan
kesan yang stylish.
Honda BeAT eSP 2016 |
|||
Dimensi |
|||
Panjang X Lebar X
Tinggi |
1856 x 666 x 1068
mm |
||
Jarak Sumbu |
1256 mm |
||
Jarak Terendah Ke
Tanah |
146 mm |
||
Kapasitas Tangki Bahan
Bakar |
4 liter |
||
Mesin |
|||
Tipe Mesin |
4-Stroke, SOHC
dengan Pendingin Udara, eSP |
||
Volume Silinder |
110 cc |
||
Bore X Stroke |
50 x 55,1 mm |
||
Kompresi |
9.5 : 1 |
||
Daya Maksimal |
6.38 kW @7.500
rpm |
||
Torsi Maksimal |
9.01 Nm @6.500
rpm |
||
Sistem Suplai Bahan
Bakar |
PGM-FI |
||
Kopling |
Kering, Otomatis,
Sentrifugal |
||
Gigi Transmisi |
Otomatis, V-Matic |
||
Kapasitas
Oli Mesin |
0,7 L (Exchange) |
||
Rangka |
|||
Tipe Rangka |
Back Bone |
||
Tipe Suspensi Depan |
Telescopic |
||
Tipe Suspensi Belakang |
Swing Arm Mono
Suspension |
||
Rem Depan |
Hydraulic Disc |
||
Rem Belakang |
Tromol |
||
Ukuran Ban Depan |
80/90-14M/C 40P-
Tubeless |
||
Ukuran Ban Belakang |
90/90-14M/C 46P-
Tubeless |
||
Kelistrikan |
|||
Tipe Pengapian |
Full Transisterized,
Baterai |
||
Harga Honda BeAT |
|||
Tipe |
Harga (OTR Jakarta) |
||
Honda BeAT eSP CW |
Rp.14.700.000,- |
||
Honda BeAT eSP CBS |
Rp.14.900.000,- |
||
Honda BeAT eSP CBS-ISS |
Rp.15.400.000,- |
||
Catatan :
- Harga
motor Honda BeAT eSP 2016 diatas merupakan harga OTR Jakarta
- Beda kota, kemungkinan beda
pula harga Honda BeAT eSP 2016
Kelebihan,dan,Kekurangan,Motor,Honda,beat
a..Kelebihan.Honda.Beat
1..Performa
Dari segi performa, motor Honda Beat memang sangat responsif pada
tarikan awal, handling pada motor ini juga akan
tetap ringan dan tetap mudah di kendalikan
meskipun beban bertambah, atau bisa di katakan tarikannya akan tetap
prima.
2..Keamanan
Untuk keamanan dari Honda BeAT Series meskipun memiliki secure
key shutter, namun juga dilengkapi side stand switch dan parking
break kock yang tidak dimiliki oleh motor lain.
Sehingga ini akan memberi keamanan ganda terutama bagi pengendaranya.
3..Teknologi.terbaru
Honda merupakan salah satu pelopor teknologi injeksi yang di mana
teknologi tersebut sudah terbukti ramah lingkungan serta mampu menghemat bahan
bakar. Saat ini juga motor Honda Beat tidak hanya berbekal teknologi injeksi
saja, namun juga saat ini telah di lengkapi pula dengan teknologi ISS dan Esp.
Teknologi ISS membuat mesin mati saat motor berhenti dari lajunya selama 3
detik, seperti contoh di lampu merah, dan motor akan otomatis nyala kembali
hanya.dengan.memutar.gas.saja.
4..Motor.irit.dan.tangguh
Sudah bukan rahasia lagi kalau produk motor yang di hasilkan
pabrikan Honda terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit.
Apalagi saat ini Honda Beat telah mengadopsi beberapa teknologi terbaru seperti
PGM-FI, ISS dan eSP. Tentunya hal itu akan lebih membuat konsumsi.bahan.bakar.lebih.hemat.lagi.
5..Dibekali.fitur.bagasi.luas
Orang Indonesia itu menggunakan membutuhkan kendaraan yang dapat
menunjang aktivitas hariannya. Salah satunya adalah dapat menyimpan barang
bawaan seperti jas hujan, barang belanjaan dari pasar, dll. Nah, Honda Beat
mengakomodasi keinginan masyarakat Indonesia.
6..Harga.jual.kembalinya.tinggi
Masyarakat Indonesia tidak hanya membeli motor untuk sarana
tranportasi, tetapi juga sebagai investasi. Dalam artian, kalau terdesak
kebutuhan, motor bisa dijual. Karenanya, sebagaian masyarakat kita sangat
memperhatikan harga jual kembali kendaraan yang dibeli. Jika harga jualnya
jatuh, masyarakat tidak akan memilih. Kalau harga jual kembalinya tinggi,
dipastikan motor tersebut bakalan banyak yang beli. Seperti yang dialami
tetangga penulis. Akibat terdesak suatu kebutuhan, terpaksa menjual Beat
kesayangan. Tak perlu menunggu terlalu lama, motor bisa langsung kejual.
b..Kekurangan.Honda.Beat.Injeksi
1..Ukuran.Jok,relative,sempit
Ukuran jok Honda Beat relatif mungil dan sempit. Akibatnya, kalau
akan cepat panas. Ini sepertinya sudah menjadi salah satu keluhan pengendara
Beat.
2.,Area,mesin,terlihat,semrawut,(tidak.rapi)
Kalau kita perhatikan dari belakang, area mesin tampak semrawut.
Kabel-kabel terlihat berseliweran sehingga sangat gampang dijangkau bahkan oleh
anak kecil. Di satu sisi, ini sangat praktis karena memudahkan mekanik ataupun
pemilik ketika harus melakukan suatu perbaikan. Namun, secara estetika terlihat
kurang rapi. Dan, bisa berbahaya ketika ada balita yang main-main di
sekitar motor. Sebagai perbandingan, kita bisa melihat pada motor matic
kompetitor yang terlihat sangat rapi. Area mesin tertutup dengan cover sehingga
relatif aman dari jangkauan dan dari kotoran.
3..Body.plastik.tipis
Bodi motor Beat boleh
dibilang relatif tipis bila dibandingkan dengan produk-produk dari kompetitor.
Memang, tidak ada yang salah dengan hal ini. Toh fungsi utama bodi adalah untuk
membungkus alias melindungi mesin. Akan tetapi, ada baiknya pihak pabrikan
lebih memperhatikan area ini.
4. Kualitas cat kurang maksimal
Beberapa pemilik Beat
mengeluhkan cat pada bodi motor yang cepat kusam. Masalah seperti ini ada pada
generasi lawas. Untuk model sekarang, sudah ada sedikit perbaikan.
PROSES PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN
1. Sasaran/ Target Pasar
Sasaran perusahaan
adalah nilai-nilai yang ditanamkan dan dijadikan sebagai acuan dalam setiap
gerak dan langkah perusahaan. Sasaran AHM adalah seluruh lapisan masyarakat.
Ada berbagai model dan type yang ditawarkan oleh AHM untuk menyesuaikan
kebutuhan konsumen.
Contohnya: Honda Beat sasaran utamanya adalah
kaum remaja putri. Karena memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan wanita.
Namun tidak menutup kemungkinan kaum remaja laki laki untuk
menggunakannya karena Honda beat juga di desain dengan sporty dan stylist
.
2.
Iklan
Salah satu strategi
pemasaran yang digunakan Honda adalah dengan iklan yang yang dibintangi oleh
artis JKT 48 dan RAN Jelas saja kita akan kagum dan senang jika melihat iklan
Honda Baet. Ini dia yang jadi kagum banyak remaja cewek atau cowok, bukan hanya
artisnya yang cantik dan ganteng namun juga karena sepeda motornya yang keren
ketika dipakai JKT 48 dan RAN . Dengan menggaet artis-artis ternama, Honda
semakin meningkatkan brandnya dimata semua orang. Tentu konsumen bangga jika
memakai sepeda motor yang diiklankan oleh artis remaja yang terkenal? Rasa
bangga dan puas ini akan menjadi daya tarik bagi komsumen remaja untuk memakai
atau menggunakan Honda beat dan menjadi alasan strategi penjualan Honda.
Selain itu, honda juga mengadakan beberapa
pameran dan mengikutsertakan konsumen dalam setiap acaranya. Konsumen diikutkan
beberapa even dan Honda juga mendirikan komunitas sesama Honda agar lebih dekat
dengan konsumen.Kedekatan ini adalah satu dari beberapa strategi penjualan
Honda untuk mendapatkan hati konsumen sampai kapanpun.
Perencanaan.pemasaran
Level pemasaran strategis membentangkan pasar sasaran dan proporsi nilai yang
akan ditawarkan, berdasarkan analisa tentang peluang pasar terbaik. Sedangkan
rencana pemasaran taktis adalah merinci takttik pemasaran yang mencakup fitur
produk, promosi, perdagangan, penetapan harga, saluran distribusi dan
pelayanan.
3.
Metode
penjualan yang digunakan Honda
Promotion
Beberapa cara yang telah
dilakukan oleh PT. AHM dalam melakukan Promotion atau promosi sesuai dengan konsep
dasar Integrated Marketing communication diantaranya adalah sebagai
berikut :
a. Advertising
Setiap produk yang
diluncurkan PT. Astra Honda Motor memiliki karakteristik iklan yang berbeda,
karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing. Contohnya produk
Honda memiliki tagline yang dibuat pada tahun 2010 yaitu “One Heart”.
Tagline ini menandai
bahwa semangat baru Honda untuk tetap memberikan produk dan layanan terbaik
bagi semua pengguna sepeda motor di Indonesia.
Tidak hanya sekedar membuat tagline saja, Honda juga telah melalui tahapan
program promosi seperti symbol Honda yang telah dikenal dan menimbulkan aware
dihati para pelanggan. Selain itu Honda melakukan pengiklanan lewat semua media
seperti media massa, media cetak, dan media – media lain yang memungkinkan
produk dapat dikenal oleh pelanggan ataupun khalayak. Adapun kegiatan
penyebaran brosur yang berisinkan produk – produk sekaligus harga yang
ditawarkan oleh Honda.
b. Personal Selling
PT
Astra Honda Motor memiliki sales promotion girl (SPG)
& sales promotion boy (SPB) sebagai personal selling yang
ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen
terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.
c. Sales promotion
Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran
khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT Astra Honda Motor kepada
calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan
penjualan.
Contohnya yang telah
dilakukan oleh PT. AHM adalah sebagai berikut :
a)
Memberikan potongan harga khusus
PT Astra Honda Motor
menantang masyarakat untuk membuktikan kehandalan motor terbaru mereka yakni
Honda beat dalam sebuah roadshow di 77 kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan
Sulawesi. Di kota-kota ini, Honda memberikan diskon khusus hingga Rp 500.000 untuk
pembelian Honda beat. (detik.com|27/5/2011)
b)
Setiap pembelian produk Honda pelanggan akan mendapatkan helm, jaket maupun
special gift Honda secara gratis.
c)
Mendapatkan kesempatan untuk menikmati servis gratis selama tiga sampai empat
kali servis motor di dealer – dealer Honda terdekat.
d)
Pelanggan dapat memilih warna sepeda motor yang diingikan, karena Honda
memiliki banyak sekali pilihan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan dan
keinginan pelanggan.
d. Direct
Marketing
Salah satu strategi yang dilakukan dalam hal Call center PT
Astra Honda Motor tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan
menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT Astra
Honda Motor akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan
untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.
e. Public
Relations
Menurut pendapat
Kotler dan amstrong (2001) yang menyebutkan bahwa public relation
adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap
masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau
perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta
melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai
pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra
positif.
ANALISIS SECARA GARIS
BESAR
. Industri sepeda motor
di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang signifikan, dari jumlah
pengguna sepeda motor di Indonesia yang semakin membludak, maupun perusahaan
manufaktur sepeda motor di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang pesat,
bahkan bermunculan merk-merk sepeda motor dari berbagai negara di eropa. Yang
mengganggu eksistensi perusahaan atau merk sepeda motor Jepang yang sudah
bertahun-tahun di Indonesia. Hal ini membuat persaingan industri sepeda motor
di Indonesia. PT. Astra Honda Motor yang merupakan salah satu perusahaan
raksasa sepeda motor di Indonesia harus mengembangkan perusahaannya, agar tetap
dapat bersaing di tengah gempuran para pesaingnya
Dari tabel analisis perbandingan kompetitif perusahaan, honda
masih unggul secara keseluruhan, namun ada beberapa sektor-sektor yang menjadi
kelemahan honda yaitu dari segi iklan Honda kalah dengan Yamaha tetapi seimbang
dengan Suzuki, karena honda belum mempunyai brand ambassador yang memiliki
nilai jual tinggi. Yang kedua dari loyalitas konsumen. Pengguna motor honda
lebih memilih suku cadang non genuine/merk lain karena harganya yang relatif
murah dengan kualitas yang tidak berbeda jauh. Memang harga sparepart dari
honda terbilang lebih mahal dibandingkan pesaingnya. Ini dikarenakan bahan baku
sparepart yang masih impor untuk mendapatkan kualitas terbaik.
Kenapa membandingkan
dengan yamaha dan suzuki?
Yamaha dan Suzuki merupakan produsen sepeda motor dengan teknologi
dari Jepang sama dengan Honda, ketiganya memiliki kualitas yang tidak jauh
berbeda. Jika dibandingkan dengan merk produk sepeda motor lain yang ada di
Indonesia, produk-produk dari tiga produsen raksasa asal jepang ini memegang
mayoritas pasar sepeda motor di Indonesia, dan selalu menempati posisi podium
pada penjualan total sepeda motor di Indonesia.
Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor
kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang
lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi berada pada kuadran 1 yang
berarti pada posisi Growth, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern yang
KUAT, dengan lingkungan yang BERPELUANG. Hasil dari wawancara tertulis juga
menunjukkan bahwa pencapaian masing-masing strategi unit bisa menunjukkan hasil
yang sangat baik.
Dari berbagai uraian di atas dapat dikatakan bahwa Beat sanggup menghadirkan kendaraan harian yang praktis, irit BBM, fungsional, nyaman serta dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai. Jangan lupakan juga faktor nama besar Honda yang sudah sangat familiar dan dipercaya masyarakat Indonesia.
Referensi
·
http:www.astra-honda.com.
30 november 2016.
·
http:www.otomotifnet.co.id.
30 november 2016.
·
http:modifikasi.co.id.
30 november 2016.
·
http://www.welovehonda.com/filosofi-dibalik-logo-sayap-mengepak-honda/.12
desember 2016.
·
Solihin, Ismail. 2012. “Manajemen
Strategik”. Erlangga. Jakarta.
·
Integrated Marketing
Communication (1999 – 2000), Tony Yeshin
·
Integrated Advertising,
Promotion, and Marketing Communication, Kenneth E. Clow and Donald Baack
·
www.linkedin.com/company/pt-astra-honda-motor
0 Komentar