SLIDE

10/recent/ticker-posts

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN - STRATEGI PEMASARAN (MARKETING PLAN)

 


GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

 

1.      PrProfil Perusahaan

Nama Perusahaan 

:

PT Astra Honda Motor 

Status Perusahaan 

:

Perseroan Terbatas 

Status Investasi 

:

PMA (Penanaman Modal Asing)

Tanggal Pendirian

:

11 Juni 1971 (d/h Federal Motor)

Aktivitas

:

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), Manufaktur, Perakitan dan Distributor Sepeda Motor HONDA

Kapasitas Produksi

 

5.800.000 unit/tahun

Status Kepemilikan

:

50% PT. Astra International Tbk

50% Honda Motor Co., Ltd

 

 

 

Website

:

www.astra-honda.com

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri.

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Pabrik ke 3 berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 4 berlokasi di Karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2014.

Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.

Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda dua yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

 

2.      Vi Visi , Misi dan tujuan

-          V

Menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan cara merealisasikan mimpi dan menciptakan kegembiraan para pelanggan serta berkontribusi bagi masyarakat Indonesia

-         m      Misi  

Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik

 

-         Tujuan

Tujuan perusahan adalah pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.PT Astra Honda Motor, merupakan perusahaan yang menjalankan fungsi produksi, penjualan dan pelayanan purna jual yang lengkap yang bertujuan untuk menciptakan kepuasan pelanggan.

3.      Komparasi Profil Kompetitif

Berikut hasil perbandingan profil kompetitif honda dengan kompetitor

Faktor penting keberhasilan

Bobot

Honda

Yamaha

                        Suzuki

Rating

Skor

Rating

Skor

Rating

skor

Iklan

0,20

3

0,60

4

0,80

3

0,60

Kualitas produk

0,10

4

0,40

3

0,30

3

0,30

Daya saing harga

0,10

3

0,30

2

0,20

2

0,20

Manajemen

0,10

3

0,30

4

0,40

3

0,30

Posisi keuangan

0,15

4

0,60

3

0,45

2

0,20

Loyalitas konsumen

0,10

3

0,30

3

0,30

2

0,20

Ekspansi global

0,15

4

0,60

3

0,45

2

0,20

Pangsa pasar

0,10

4

0,40

3

0,30

2

0,20

Total 

1,00

3,50

3,20

2,20

 

PRODUK

Honda.BeAT
    
Honda BeAT ini merupakan skuter matik yang dikembangkan dengan konsep yang serba pas dan sesuai. Di mana Honda BeAT ini memiliki ukuran desain yang lebih slim dan kompak, dengan bentuk wedge shape yang tampak lebih runcing sehingga memberikan kesan stylish. 

 

Spesifikasi Honda BeAT  

a.      Mengusung Desain Sporty dan Stylish

Mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan memulainya dengan membahas pada bagian terluar dari spesifikasi Honda BeAT. Pada sektor eksterior atau tampilan luar dari Honda BeAT ini, tampaknya memang memberikan tampilan yang lebih sporty. Honda BeAT di bentuk dengan model V-shape pada sisi bagian depan, dimana untuk susunannya, bagian bawah sudah terpasang lampu utama dan lampu sein terpasang dengan presisi di bagian atasnya. Berlanjut ke bagian stang di mana pada bagian ini, Honda BeAT hampir memiliki kemiripan dengan pendahulunya. Hanya saja, Honda memoles bukan dengan garis tegas melainkan dengan lekukan. Pada sektor ini tidak hanya di buat kosong tetapi juga telah dibenamkan speedometer yang terbilang user friendly, dengan model analog pada penunjuk kecepatan. Kemudian, lanjut ke bagian belakang, Honda BeAT memiliki jok yang begitu nyaman untuk ditunggangi, yang di desain lebih tinggi di bagian belakang, lengkap beserta behel yang dibuat material kuat. Lalu pada bagian buritan, dibuat mengikuti alur body, yang membuatnya terlihat lebih kompak dan sporty, apalagi dengan adanya bagian lampu belakang yang terbagi atas tiga bagian, yakni Lampu rem, dan dua lampu sein di sisi bagian samping. Dengan melihat secara keseluruhan pada sektor eksterior tersebut, tampaknya memang spesifikasi Honda BeAT ini memiliki tampilan yang bergaya sporty dan modern.

b.      Panel Indikator Tampil Lebih User Friendly

Lanjut pada pembahasan selanjutnya, kita akan mengulas pada panel indikator dari spesifikasi Honda BeAT. Langsung saja, untuk panel indikator dari skuter matik besutan Honda ini mengusung speedometer yang didesain sangat bersahabat dengan mengandalkan gaya desain analog pada penunjuk kecepatannya. Selain itu, Honda BeAT ini memiliki panel indikator Mesin, indikator Injection, indikator lampu sein dan indikator lampu utama, yang mudah dipahami meskipun oleh pengguna awam. Selain itu, pada sektor ini juga terdapat fitur ECO Indikator yang akan membantu pengemudinya berkendara lebih irit. Ketika, Honda BeAT ini dikendarai maka ECO indikator ini akan menyala dengan lampu berwarna hijau di panel meternya dengan 3 pola untuk memberikan sinyal berkendara yang irit. Hal tersebut juga berlaku ketika lampu Honda BeAT ini dalam keadaan dimatikan. Dengan disematkannya beberapa fitur-fitur yang ditampilkan pada panel indikator tersebut, tentunya pengendara akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi atau data dari spesifikasi Honda BeAT saat digunakan.

c.       Dimensi Lebih Mungil Namun Tetap Stylish

Seperti yang sudah Mas Sena singgung di atas bahwa spesifikasi Honda BeAT ini akan hadir dengan mengusung desain yang lebih slim dan mungil dengan mengusung tipe rangka tulang punggung. Sehingga, bisa dipastikan bahwa dimensinya pun juga akan memiliki ukuran yang tak terlalu bongsor. Untuk ukuran dimensinya, Honda BeAT ini memiliki panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, tinggi 1.068 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1.256 mm dan bobot yang mencapai 92 kg. Dengan mengetahui dimensi tersebut, tentunya bentuk dari skuter matik besutan Honda ini tampak lebih ramping. Apalagi, dengan ukuran jarak sumbu rodanya tersebut, tampaknya motor matik ini akan semakin mudah dikemudikan, terutama ketika bermanuver di jalanan. Selain itu, Honda BeAT ini juga memiliki ketinggian jok setinggi 740 mm yang cocok dan sesuai dengan postur orang Indonesia sehingga motor matik besutan Honda ini akan sesuai dengan postur tinggi orang Indonesia. Selain itu, Honda BeAT juga memiliki ukuran ground clearance 146 mm yang sesuai dengan jalan di perkotaan. Namun, skuter matik ini kurang cocok jika dikendarai di jalanan yang bergeronjal. Namun, meskipun demikian, spesifikasi Honda BeAT tersebut tetap memberikan kesan yang stylish. 

Honda BeAT eSP 2016

Dimensi

Panjang X Lebar X Tinggi

1856 x 666 x 1068 mm

Jarak Sumbu

1256 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

146 mm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

4 liter

Mesin

Tipe Mesin

4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP

Volume Silinder

110 cc

Bore X Stroke

50 x 55,1 mm

Kompresi

9.5 : 1

Daya Maksimal

6.38 kW @7.500 rpm

Torsi Maksimal

9.01 Nm @6.500 rpm

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Kopling

Kering, Otomatis, Sentrifugal

Gigi Transmisi

Otomatis, V-Matic

Kapasitas    Oli Mesin

0,7 L (Exchange)

Rangka

Tipe Rangka

Back Bone

Tipe Suspensi Depan

 Telescopic

Tipe Suspensi Belakang

Swing Arm Mono Suspension

Rem Depan

Hydraulic Disc

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban Depan

80/90-14M/C 40P- Tubeless

Ukuran Ban Belakang

90/90-14M/C 46P- Tubeless

Kelistrikan

Tipe Pengapian

Full Transisterized, Baterai

Harga Honda BeAT 

Tipe

Harga (OTR Jakarta)

Honda BeAT eSP CW

Rp.14.700.000,-

Honda BeAT eSP CBS

Rp.14.900.000,-

Honda BeAT eSP CBS-ISS

Rp.15.400.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Honda BeAT eSP 2016 diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda BeAT eSP 2016

 

Kelebihan,dan,Kekurangan,Motor,Honda,beat
a.
.Kelebihan.Honda.Beat
1.
.Performa
    Dari segi performa, motor Honda Beat memang sangat responsif pada tarikan awal,         handling pada motor ini juga akan tetap ringan  dan tetap   mudah di   kendalikan     meskipun  beban bertambah, atau bisa di katakan tarikannya akan tetap prima.

2..Keamanan
    Untuk keamanan dari Honda BeAT Series meskipun memiliki secure key shutter, namun    juga dilengkapi side stand switch dan parking break kock yang tidak dimiliki oleh motor        lain. Sehingga ini akan memberi keamanan ganda terutama bagi pengendaranya.

3.
.Teknologi.terbaru
    Honda merupakan salah satu pelopor teknologi injeksi yang di mana teknologi tersebut sudah terbukti ramah lingkungan serta mampu menghemat bahan bakar. Saat ini juga motor Honda Beat tidak hanya berbekal teknologi injeksi saja, namun juga saat ini telah di lengkapi pula dengan teknologi ISS dan Esp. Teknologi ISS membuat mesin mati saat motor berhenti dari lajunya selama 3 detik, seperti contoh di lampu merah, dan motor akan otomatis nyala kembali hanya
.dengan.memutar.gas.saja.

4.
.Motor.irit.dan.tangguh
    Sudah bukan rahasia lagi kalau produk motor yang di hasilkan pabrikan Honda terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit. Apalagi saat ini Honda Beat telah mengadopsi beberapa teknologi terbaru seperti PGM-FI, ISS dan eSP. Tentunya hal itu akan lebih membuat konsumsi
.bahan.bakar.lebih.hemat.lagi.

5..Dibekali.fitur.bagasi.luas
    Orang Indonesia itu menggunakan membutuhkan kendaraan yang dapat menunjang aktivitas hariannya. Salah satunya adalah dapat menyimpan barang bawaan seperti jas hujan, barang belanjaan dari pasar, dll. Nah, Honda Beat mengakomodasi keinginan masyarakat Indonesia.

6..Harga.jual.kembalinya.tinggi
    Masyarakat Indonesia tidak hanya membeli motor untuk sarana tranportasi, tetapi juga sebagai investasi. Dalam artian, kalau terdesak kebutuhan, motor bisa dijual. Karenanya, sebagaian masyarakat kita sangat memperhatikan harga jual kembali kendaraan yang dibeli. Jika harga jualnya jatuh, masyarakat tidak akan memilih. Kalau harga jual kembalinya tinggi, dipastikan motor tersebut bakalan banyak yang beli. Seperti yang dialami tetangga penulis. Akibat terdesak suatu kebutuhan, terpaksa menjual Beat kesayangan. Tak perlu menunggu terlalu lama, motor bisa langsung kejual.

b..Kekurangan.Honda.Beat.Injeksi
1.
.Ukuran.Jok,relative,sempit
    Ukuran jok Honda Beat relatif mungil dan sempit. Akibatnya, kalau akan cepat panas. Ini sepertinya sudah menjadi salah satu keluhan pengendara Beat.

2.,Area,mesin,terlihat,semrawut,(tidak.rapi)
    Kalau kita perhatikan dari belakang, area mesin tampak semrawut. Kabel-kabel terlihat berseliweran sehingga sangat gampang dijangkau bahkan oleh anak kecil. Di satu sisi, ini sangat praktis karena memudahkan mekanik ataupun pemilik ketika harus melakukan suatu perbaikan. Namun, secara estetika terlihat kurang rapi. Dan, bisa berbahaya ketika ada balita yang main-main di sekitar motor. Sebagai perbandingan, kita bisa melihat pada motor matic kompetitor yang terlihat sangat rapi. Area mesin tertutup dengan cover sehingga relatif aman dari jangkauan dan dari kotoran.

3..Body.plastik.tipis
     Bodi motor Beat boleh dibilang relatif tipis bila dibandingkan dengan produk-produk dari kompetitor. Memang, tidak ada yang salah dengan hal ini. Toh fungsi utama bodi adalah untuk membungkus alias melindungi mesin. Akan tetapi, ada baiknya pihak pabrikan lebih memperhatikan area ini.

4. Kualitas cat kurang maksimal

   Beberapa pemilik Beat mengeluhkan cat pada bodi motor yang cepat kusam. Masalah seperti ini ada pada generasi lawas. Untuk model sekarang, sudah ada sedikit perbaikan.

PROSES PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN

1.      Sasaran/ Target Pasar

    Sasaran perusahaan adalah nilai-nilai yang ditanamkan dan dijadikan sebagai acuan dalam setiap gerak dan langkah perusahaan. Sasaran AHM adalah seluruh lapisan masyarakat. Ada berbagai model dan type yang ditawarkan oleh AHM untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Contohnya: Honda Beat sasaran utamanya adalah kaum remaja putri. Karena memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan wanita. Namun tidak menutup kemungkinan  kaum remaja laki laki untuk menggunakannya  karena Honda beat juga di desain dengan sporty dan stylist . 

2.                  Iklan

    Salah satu strategi pemasaran yang digunakan Honda adalah dengan iklan yang yang dibintangi oleh artis JKT 48 dan RAN Jelas saja kita akan kagum dan senang jika melihat iklan Honda Baet. Ini dia yang jadi kagum banyak remaja cewek atau cowok, bukan hanya artisnya yang cantik dan ganteng namun juga karena sepeda motornya yang keren ketika dipakai JKT 48 dan RAN . Dengan menggaet artis-artis ternama, Honda semakin meningkatkan brandnya dimata semua orang. Tentu konsumen bangga jika memakai sepeda motor yang diiklankan oleh artis remaja yang terkenal? Rasa bangga dan puas ini akan menjadi daya tarik bagi komsumen remaja untuk memakai atau menggunakan Honda beat dan menjadi alasan strategi penjualan Honda.

Selain itu, honda juga mengadakan beberapa pameran dan mengikutsertakan konsumen dalam setiap acaranya. Konsumen diikutkan beberapa even dan Honda juga mendirikan komunitas sesama Honda agar lebih dekat dengan konsumen.Kedekatan ini adalah satu dari beberapa strategi penjualan Honda untuk mendapatkan hati konsumen sampai kapanpun.

Perencanaan.pemasaran
Level pemasaran strategis membentangkan pasar sasaran dan proporsi nilai yang akan ditawarkan, berdasarkan analisa tentang peluang pasar terbaik. Sedangkan rencana pemasaran taktis adalah merinci takttik pemasaran yang mencakup fitur produk, promosi, perdagangan, penetapan harga, saluran distribusi dan pelayanan.

3.                  Metode penjualan yang digunakan Honda

 Promotion 

Beberapa cara yang telah dilakukan oleh PT. AHM dalam melakukan Promotion atau promosi sesuai dengan konsep dasar Integrated Marketing communication diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Advertising

Setiap produk yang diluncurkan PT. Astra Honda Motor memiliki karakteristik iklan yang berbeda, karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing. Contohnya produk Honda memiliki tagline yang dibuat pada tahun 2010 yaitu “One Heart”.

Tagline ini menandai bahwa semangat baru Honda untuk tetap memberikan produk dan layanan terbaik bagi semua pengguna sepeda motor di Indonesia. 

            Tidak hanya sekedar membuat tagline saja, Honda juga telah melalui tahapan program promosi seperti symbol Honda yang telah dikenal dan menimbulkan aware dihati para pelanggan. Selain itu Honda melakukan pengiklanan lewat semua media seperti media massa, media cetak, dan media – media lain yang memungkinkan produk dapat dikenal oleh pelanggan ataupun khalayak. Adapun kegiatan penyebaran brosur yang berisinkan produk – produk  sekaligus harga yang ditawarkan oleh Honda.

b. Personal Selling

           PT Astra Honda Motor memiliki sales promotion girl (SPG) & sales promotion boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.

c. Sales promotion 

            Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT Astra Honda Motor kepada calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan. 

Contohnya yang telah dilakukan oleh PT. AHM adalah sebagai berikut :

a)      Memberikan potongan harga khusus

PT Astra Honda Motor menantang masyarakat untuk membuktikan kehandalan motor terbaru mereka yakni Honda beat dalam sebuah roadshow di 77 kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Di kota-kota ini, Honda memberikan diskon khusus hingga Rp 500.000 untuk pembelian Honda beat. (detik.com|27/5/2011)

b)      Setiap pembelian produk Honda pelanggan akan mendapatkan helm, jaket maupun special gift Honda secara gratis.

c)      Mendapatkan kesempatan untuk menikmati servis gratis selama tiga sampai empat kali servis motor di dealer – dealer Honda terdekat.

d)     Pelanggan dapat memilih warna sepeda motor yang diingikan, karena Honda memiliki banyak sekali pilihan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

d.      Direct Marketing

Salah satu strategi yang dilakukan dalam hal Call center PT Astra Honda Motor tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT Astra Honda Motor akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.

e.       Public Relations

Menurut pendapat Kotler dan amstrong (2001) yang menyebutkan bahwa public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif.

 

ANALISIS SECARA GARIS BESAR 

 

. Industri sepeda motor di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang signifikan, dari jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia yang semakin membludak, maupun perusahaan manufaktur sepeda motor di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang pesat, bahkan bermunculan merk-merk sepeda motor dari berbagai negara di eropa. Yang mengganggu eksistensi perusahaan atau merk sepeda motor Jepang yang sudah bertahun-tahun di Indonesia. Hal ini membuat persaingan industri sepeda motor di Indonesia. PT. Astra Honda Motor yang merupakan salah satu perusahaan raksasa sepeda motor di Indonesia harus mengembangkan perusahaannya, agar tetap dapat bersaing di tengah gempuran para pesaingnya

Dari tabel analisis perbandingan kompetitif perusahaan, honda masih unggul secara keseluruhan, namun ada beberapa sektor-sektor yang menjadi kelemahan honda yaitu dari segi iklan Honda kalah dengan Yamaha tetapi seimbang dengan Suzuki, karena honda belum mempunyai brand ambassador yang memiliki nilai jual tinggi. Yang kedua dari loyalitas konsumen. Pengguna motor honda lebih memilih suku cadang non genuine/merk lain karena harganya yang relatif murah dengan kualitas yang tidak berbeda jauh. Memang harga sparepart dari honda terbilang lebih mahal dibandingkan pesaingnya. Ini dikarenakan bahan baku sparepart yang masih impor untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Kenapa membandingkan dengan yamaha dan suzuki?

Yamaha dan Suzuki merupakan produsen sepeda motor dengan teknologi dari Jepang sama dengan Honda, ketiganya memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Jika dibandingkan dengan merk produk sepeda motor lain yang ada di Indonesia, produk-produk dari tiga produsen raksasa asal jepang ini memegang mayoritas pasar sepeda motor di Indonesia, dan selalu menempati posisi podium pada penjualan total sepeda motor di Indonesia.

Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi berada pada kuadran 1 yang berarti pada posisi Growth, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern yang KUAT, dengan lingkungan yang BERPELUANG. Hasil dari wawancara tertulis juga menunjukkan bahwa pencapaian masing-masing strategi unit bisa menunjukkan hasil yang sangat baik.

Dari berbagai uraian di atas dapat dikatakan bahwa Beat sanggup menghadirkan kendaraan harian yang praktis, irit BBM, fungsional, nyaman serta dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai.  Jangan lupakan juga faktor nama besar Honda yang sudah sangat familiar dan dipercaya masyarakat Indonesia.


Referensi


·         http:www.astra-honda.com. 30 november 2016.

·         http:www.otomotifnet.co.id. 30 november 2016.

·         http:modifikasi.co.id. 30 november 2016.

·         http://www.welovehonda.com/filosofi-dibalik-logo-sayap-mengepak-honda/.12 desember 2016.

·         Solihin, Ismail. 2012. “Manajemen Strategik”. Erlangga. Jakarta.

·         Integrated Marketing Communication (1999 – 2000), Tony Yeshin

·         http://swa.co.id/

·         Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication, Kenneth E. Clow and Donald Baack

·         www.honda-Indonesia.com/

·         www.astra-honda.com

·         www.linkedin.com/company/pt-astra-honda-motor

·         www.amazon.com

 

Posting Komentar

0 Komentar